15 October 2015

Mengenal Apa Itu Jaringan 4G LTE

Mengenal Apa Itu Jaringan 4G LTE

Apa itu 4G LTE?

4G LTE adalah teknologi jaringan internet super cepat generasi ke-empat berbasis Internet Protocol (IP) yang membuat proses transfer data jadi lebih cepat dan stabil. LTE merupakan singkatan dari Long Term Evolution yang merupakan sebuah standar komunikasi akses data nirkabel tingkat tinggi. Teknologi ini mampu download sampai dengan tingkat 300mbps dan upload 75mbps. Jaringan antarmukanya tidak cocok dengan 2G dan 3G sehingga harus dioperasikan melalui spektrum nirkabel yang terpisah. 4G LTE pertama kali diperkenalkan pada 14 Desember 2009 dan dioperasikan pertama kali di Indonesia pada 14 November 2013 oleh Bolt. Mari kita mengenal 4G LTE lebih dekat lagi.

KECEPATAN AKSES

Jaringan internet super cepat 4G LTE mampu memberikan kecepatan download dan upload 3x lipat dibanding generasi sebelumnya.

About 3g
STANDARD DEFINITION VIDEO
LOW RESOLUTION

About 4g
HIGH DEFINITION VIDEO
HIGH RESOLUTION
37.5 MBPS

Mari kita lihat perbedaan 1G, 2G, 3G dan 4G LTE. Biar lebih mudah mengenal bedanya dari keempat generasi itu, gambar dibawah ini mungkin bisa menjelaskan.


KELEBIHAN 4G LTE

  • Jaringan internet super cepat 4G LTE bisa memudahkan kita dalam mengakses beragam aktivitas online dengan lebih efisien.
  • Bermain game online semakin lancar dan stabil 
  • Download file dan video HD jadi lebih cepat
  • Streaming banyak video sekaligus tanpa terputus
Sejumlah operator telekomunikasi menyatakan  jaringannya telah siap untuk penyelenggaraan jaringan internet mobile generasi keempat 4G-LTE misalnya saja Telkomsel, Indosat dan XL yang siap menggelar jaringan dan layanan berteknologi generasi keempat 4G-LTE pada tahun ini. Tapi, untuk dapat menikmati layanan 4G ini operator selular mensyaratkan dua hal; yang pertama Anda harus menukar kartu sim yang lama dengan yang terbaru yang sudah memiliki fitur 4G dan kedua tentu saja perangkat selular pintar yang sudah memiliki fitur 4G.

0 komentar: